fbpx

Estimasi Biaya Renovasi Rumah dengan Cara Berikut

Ketika ingin merenovasi rumah, maka estimasi biayanya memang harus diperhatikan dengan baik. Merenovasi merupakan satu solusi tepat untuk seseorang yang ingin menambah kenyamanan dibanding pindah rumah baru.

Melakukan renovasi juga bisa dikarenakan banyak hal, termasuk karena keadaan hunian yang sudah tidak layak. Selain itu juga bisa dilakukan karena ingin membuat rumah lebih cantik dan semakin nyaman ditempati.

Akan tetapi apapun alasannya, tentu biaya yang diperlukan sekalipun jika merenovasi rumah kecil jumlahnya cukup besar. Apalagi jika Anda ingin melakukan perbaikan untuk hunian 2 lantai tentu lebih besar budgetnya.

Sebab sebelumnya huniannya hanya satu lantai, tapi diubah jadi dua tingkat. Untuk perkiraan biayanya juga jadi dua kali lipat karena luas bangunannya juga tambah dari sebelumnya.

Rencanakan Renovasi Secara Matang agar Estimasi Biaya Renovasi Rumah Akurat

Merencanakan estimasi biaya rumah secara matang
Merencanakan estimasi biaya rumah secara matang

Pada dasarnya memang ketika ingin memperbaiki rumah harus dilakukan secara bertahap saja. Renovasi bagian-bagian yang memang ingin diperbaiki agar lebih menarik, jadi jangan langsung keseluruhan rumah.

Selain itu Anda juga dapat melakukan renovasi berdasarkan dana yang dimiliki saat itu, jadi bagian pentingnya diperbaiki dulu. Misalnya apabila ada atap rumah bocor ketika hujan, maka perbaiki bagian itu.

Tentu untuk biaya yang diperlukan merenovasi hunian juga tidak terlalu besar, karena hanya bagian atap saja. Ditambah lagi jika Anda melakukannya sendiri tanpa memanggil tukang, maka akan lebih murah.

Besarnya biaya memperbaiki hunian subsidi serta lainnya memang jadi alasan utama yang mengharuskan Anda untuk melakukan perencanaan matang. Sebab merencanakan dengan baik bisa sangat membantu mempersiapkan dananya.

Baca Juga: “5 Tips Rumah Sejuk tanpa Boros Listrik

Sehingga jangan sampai tujuan Anda mendapat rumah nyaman dan bagus justru berakhir dengan hutang menumpuk. Bukan hanya itu saja, jika membuat perencanaan matang bisa membuat prosesnya berjalan lebih baik.

Hal tersebut juga yang membuat tujuan Anda melakukan perbaikan hunian dapat tercapai dengan tepat. Pastikan rencanakan dengan baik kegiatan tersebut dan juga pertimbangkan perkiraan biayanya agar tidak kekurangan apapun.

Memang biaya untuk memperbaiki hunian sering kali menghabiskan banyak dana, tapi hasilnya bisa sesuai dengan keinginan apabila perencanaannya tepat. Bahkan bukan hanya membuat hunian Anda jadi lebih cantik.

Karena jika ingin menjual rumahnya kemudian diperbaiki dulu, maka harga jualnya bisa lebih tinggi. Walaupun demikian, sebelum merenovasi baiknya rencanakan dengan baik dan hitung estimasi biayanya agar tidak merugi.

Berikut Estimasi Biaya Renovasi Hunian

Estimasi biaya renovasi rumah mulai material hingga tenaga kerja
Estimasi biaya renovasi rumah mulai material hingga tenaga kerja

Menghitung estimasi biaya merenovasi hunian sederhana juga jadi hal wajib untuk dilakukan agar prosesnya berjalan baik. Selain itu juga bisa membantu lancarnya aktivitas memperbaiki huniannya sendiri, seperti berikut rinciannya:

1. Pembelian tanah

Biaya ini memang sering kali keluar apabila Anda merenovasi dan sekaligus menambah luas bangunannya. Karena tanahnya juga akan bertambah luas pastinya, jadi pembelian tanah perlu diperhitungkan dananya.

Pembelian tanah itu juga masuk dalam hitungan estimasi, kecuali jika lahannya sudah luas, maka tidak perlu membeli tanah. Karena tanah kosong milik sendiri bisa digunakan untuk memperluas bangunannya.

2. Tenaga kerja

Ketika memperbaiki hunian, maka Anda bisa menggunakan jasa tukang harian lepas atau lainnya sesuai kesepakatan. Jika pemilik rumah punya kemampuan mendasar untuk mengawasi dan ikut mengerjakannya, maka akan lebih mudah.

Untuk biaya rumah subsidi biasanya memang lebih ringan apabila ikut andil mengerjakannya. Tapi jika tidak bisa juga memanfaatkan jasa tukang akan lebih baik, Anda bisa memilih borongan.

Dengan sistem borongan, maka pemilik tidak perlu khawatir jika ada pembengkakan. Karena biaya tukang borongan biasanya dihitung sesuai luas bangunan yang diselesaikan, jadi tidak perlu ada tambahan harga lagi.

3. Material

Ketika merenovasi, memang biaya material ini juga perlu dilakukan perhitungan estimasinya. Karena nantinya akan sangat membantu memperhitungkan berapa dana yang diperlukan untuk memperbaiki tiap bagian rumahnya supaya tidak membengkak.

4. Biaya lain

Selain semua biaya tersebut, siapkan juga dana tidak terduga lain. Ini penting untuk antisipasi apabila terjadi pembengkakan biaya atau lainnya di mana membuat jumlah biayanya jadi lebih tinggi dari persiapannya.

Hal yang Mempengaruhi Estimasi Biaya Renovasi Rumah

Mengetahui apa saja yang mempengaruhi estimasi biaya renovasi rumah
Mengetahui apa saja yang mempengaruhi estimasi biaya renovasi rumah

Tiap kali mengerjakan proyek perbaikan sebuah tempat tinggal pasti punya beberapa rincian estimasi biayanya. Tentu tiap bagian yang diperbaiki besarnya biaya berbeda-beda dan Anda harus tahu perhitungannya.

Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi besar kecilnya budget, tentu sesuai dana serta banyaknya bagian rusak. Berikut beberapa hal bisa mempengaruhi besarnya rincian biaya ketika merenovasi sebuah hunian:

1. Jenis perbaikan

Ketika memperbaiki tempat tinggal memang tidak semua harus diubah, karena cukup beberapa bagian yang paling memerlukan saja. Jadi cara itu nantinya bisa meminimalisir besarnya dana untuk proyeknya.

Sebab semakin banyak jenis perbaikannya, maka pasti dana yang dibutuhkan juga makin tinggi. Apalagi jika Anda ingin memperbaiki semua bagian hunian, tentu akan memerlukan dana semakin besar.

2. Luas bagian rusak

Perhatikan juga besarnya bagian rumah yang rusak, karena itu bisa mempengaruhi biayanya. Besar kecilnya bagian rusak bisa berpengaruh pada rincian dana perbaikan, sebab material dan tukangnya juga dihitung.

3. Bahan yang dipakai

Ketika merenovasi hunian, maka Anda bisa memilih kualitas material bagus atau standar. Namun jika semakin bagus kualitasnya, maka biayanya juga makin mahal. Jadi sebelum merenovasi, perhatikan dengan baik kebutuhannya.

4. Menggunakan jasa atau tidak

Proses perbaikan dapat mempengaruhi besar kecilnya uang yang diperlukan. Jadi Anda bisa memilih merenovasi sendiri atau menggunakan jasa orang, tentu cara itu punya kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Jika Anda memilih merenovasi sendiri, maka biayanya lebih hemat, tapi tenaga dan waktu juga harus dipertimbangkan. Namun menggunakan jasa orang tentu lebih praktis, tapi biayanya juga lebih tinggi.

Supaya lebih jelas gambaran mengenai besarnya dana yang diperlukan untuk memperbaiki tempat tinggal. Tentu Anda harus perhitungkan estimasi biaya renovasi rumah, mulai dari pembelian material hingga jasa tukangnya.

Untuk artikel menarik lain seputar hunian, Anda bisa mengunjungi website kami di perumahanbmw.id

Selain artikel, Perumahan Bumi Mas Wahyu juga bergerak di bidang properti khususnya rumah bersubsidi yang Tersebar di 6 Kabupaten di Jawa Timur, diantaranya Tulungagung, Kediri, Blitar, Trenggalek, Nganjuk & Malang.

Leave a Comment

Scan the code